Coding dalam kegiatan belajar di SMP
1. Mata pelajaran, tujuannya belajar membangun logika berpikir komputasi
Langkah-langkah:
- mengenalkan aplikasi pemrograman berbasik bahasa visual
- mengenalkan dasar blok pemrograman
- membiasakan logika bepikir logik
- belajar membuat problem solving
- pengembangan kemampuan coding
2. Praktek, tujuannya pembuktian teori serta membangun nalar berpikir
- alat pembelajaran untuk semua mapel
-- membuat aplikasi soal ulangan, mesin penterjemah dll
- mengaplikasikan pada mapel
-- membuat presentasi tugas mapel, mesin penterjemah, smart home dll
- membuat projek
-- pembuktian dari materi yang telah didapat
3. Inovasi
- Pengembangan projek menjadi lebih nyata
- Memberikan solusi yang berdampak positif pada kehidupan
Keterampilan pendukung coding:
- Membuat blog, notes segala fungsi untuk proses pembelajaran
-- mencatat mapel
-- menyimpan materi mapel (buku, video, suara dll)
-- mempresentasikan
-- membangun jaringan
- Membuat akun di media pembelajaran coding (Scratch, microbit. tinkercad, makecode, spatial.io, dll)
- Keterampilan fotografi
- Keterampilan videografi
- Keterampilan editing
KONSEP LAB MATERI
SDM + PERALATAN LAB
1. Sebagai kelas mapel dan kelas internal peningkatan keterampilan siswa dan guru
2. Sebagai kelas workshop, sebagai praktik mengajar dan pengembangan usaha (pemasukan) bagi sekolah atau koperasi dg membuka kelas-kelas workshop untuk umum.
BAHAN BACAAN:
Penerapan Kurikulum Merdeka diharapkan berdampak pada terciptanya generasi adaptif yang mampu bertahan menghadapi perubahan zaman dengan kekuatan mereka sendiri.
Kurikulum Merdeka berfokus pada materi yang esensial dan pada pengembangan karakter Profil Pelajar Pancasila.
- Kuikulum yang berpihak ke murid
- Asesmen diagnostik untuk memahami kondisi awal murid sesuai daerah