Selasa, 07 Maret 2023

Soal ujian dengan format permainan



Membuat soal ujian dengan format permainan.

Sebuah ide baru untuk menghilangkan ketegangan saat ujian sekolah adalah dengan menggunakan format permainan. Alih-alih hanya mengandalkan metode pembelajaran teori dan hapalan, kita dapat membangun pemahaman siswa melalui pengalaman melalui sebuah projek.

Sebagai contoh, menggunakan simulator permainan berjualan untuk memperkenalkan konsep matematika, bahasa Indonesia, seni rupa, dan banyak lagi. Dengan cara ini, siswa dapat membangun pemahaman yang lebih relevan dan melekat serta mengembangkan kemampuan logika mereka dengan interaksi langsung dalam lingkungan sekitarnya.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membangun simulator ini adalah Scratch. Selain siswa, para pengajar pun dapat mempelajari kemampuan algoritma dalam proses pembuatan materi ujian melalui pemrograman Scratch. Mari mencoba ide ini untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

Materi:
- Konsep penjumlahan dan pengurangan
- Mengenalkan konsep himpunan (kelompok)
- Memahami konsep perulangan (perkalian)
- Menggunakan bahasa dengan baik dan benar dan sopan
- Belajar mengenai warna
- Belajar materi ilmu alam (biologi)
- Mengenalkan konsep waktu

Rincian materi:
Membuat cerita seorang anak sekolah berjualan makanan dan minuman di sekolah dalam rangka "Market Day" di sekolah.

Adi berjualan es mambo dan donat, jumlahnya 10 es mambo dan 5 donat. Harga es mambo 1.000 rupiah dan donat 2.000 rupiah. (jumlah dan harga barang bisa dirandom menyesuaikan tingkat kelas siswa)

Projek berjualan ini mengajarkan beberapa materi bidang studi:
- menghitung jumlah barang dagangannya dan menata rapi di meja
- mengelompokkan (konsep himpunan) kelompok makanan dan minuman, warna, bentuk dll
- Konsep tambah dan kurang saat terjadi transaksi
- Mengenalkan konsep perkalian untuk membeli lebih dari satu kue/es mambo
- Belajar menulis, membuat label harga pada barang dagangannya
- Belajar mengenalkan teknologi menggunakan calculator, untuk menghitung perkalian yang lebih banyak
- Berkomunikasi dengan bahasa yang sopan santun menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
- Belajar ilmu alam (biologi) jika yang dijual misanya ikan hias
- Mengenalkan dan belajar konsep waktu (jam). Buka tutup toko sesuai jam yg sudah ditentukan.

Dan yang terpenting sekali adalah membangun logika siswa sambil berinteraksi dengan lingkungan sehingga dirasakan lebih langsung, buka teori semata. Dan untuk itu teori yang selam ini diajarkan kini dibalik menjadi penguatan dari apa yang telah dipaktekkan oleh siswa dalam proses pembelajaran berbasis projek ini. Maka dari itu belajar teoritisnya menjadi sangat menyenangkan karena mendukung prakteknya langsung.

Mari kita coba buat simulatornya menggunakan aplikasi Scratch untuk membangun permainan yang berisikan berbagai pelajaran sekaligus.

Lewat pembuatan aplikasi ini maka para pengajar menjadi belajar juga kemampuan algoritmanya dalam proses pembuatan materi ujian lewat pemograman Scratch.

Selamat mengikuti!

Link-laink materi projek pendukung:
- Game ulangan sekolah (on progres)

- Ulangan harian

- Belanja pakaian (konsep pemjumlahan)

- Presentasi 

- Membuat buku cerita

Algoritma: Seleksi kondisi


Label