Selasa, 26 Januari 2021

LEVEL 1 CIF

Materi Level 1
Kelas Coding is fun

• 1.01 - Pengenalan SCRATCH dan lingkup kerjanya

Kompetensi dasar:
- Mengenal dan menggunakan aplikasi Scratch beserta komunitas pendukungnya

Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Mampu menginstall aplikasi Scratch
- Sudah mempunyai akun Scratch sendiri setiap siswa
- Bisa mengikuti materi sesuai instruksi guru daring

Tujuan Pembelajaran:
- BIsa membuat projek game Pong Astront dan menyimpannya di akun Scratch masing-masing siswa, serta mempublikasikannya di media sosial sebagai catatan perkembangan belajar di kelas coding is fun.

Kegiatan Pembelajaran:
- Mendonload dan menginstall aplikasi Scratch di: Download Scratch
- Membuat akun Scratch di:


- Mulai membuat projek game dengan engikuti instruksi guru daring
- Membuat game Pong Astronot:

Link Materi Terkait:
-- Silakan pelajari materi dasar block dalam Scratch pada materi di bawah ini:
-- Motion
-- Look
-- Sounds
-- Event
-- Control
-- Sensing
-- Operators
-- Variables
-- MyBlocks




Code
Mengenal Block Motion: 




Mengenal Block Look:



Mengenal Block Sounds:




Mengenal Block Events:


Mengenal blok coding:

Tutorial 10


Materi latihan:







Costume
Membuat nama/edit nama costume:
Menambah costume --> Choose a costume
Tools menggambar vector:
- Select
- Reshape
- Brush
- Eraser
- Fill
- Text
- Line
- Circle
- Rectangle
Menggambar karakter sambil memperlancar fitur-fitur yg ada
    - goup
    - ungoup
    - forward
    - backward
    - copy
    - paste
    - delete
    - flip horizontal & vertical
    - convert to bitmap
    - convert to vector
- cara menghapus costume (klik iicon tempat sampah)
dll



Sounds
Merekam, mengedit, serta menggunakannya

Stage
Memilih gambar latar (backdrop)

Gambar latar telah dipilih dan muncul di stage


Tampilan penuh layar saat dimainkan


Contoh coding pada sebuah sprite


Buatlah latihan membuat projek game pertama kali sebagai berikut:
Game Pong Planet, materi projeknya ada di:


• 1.02 - Sequencing: 
Basic animasi dalam memahami urutan menyusun blok codingnya

coding 1: susunan coding KUCING berjalan

coding 2: memai block event



Contoh projek:

Contoh materi sequencing pada Game Pong Astronot

Tampilan stage














Coding sprite bola














Coding sprite pesawat ruang angkasa














Coding sprite Plane














Coding sprite keterangan




• 1.03 -  Basic gerakan dengan blok move:
Contoh projek game lalat:
https://scratch.mit.edu/projects/415223872/

Membuat projek game sederhana dg menekan pada sprite lalat

Tampilan permainan game lalat


Coding Sprite lalat


Coding Sprite lalat 2


Coding Sprite lalat 3


Coding Sprite tombol


Coding di Stage


Foto untuk backdropnya



1.04 - Sensing:
Animasi kodok sawah melompat

Memahami konsep blok coding sensing sederhana menggunakan blok:
Forever, wait until dan if then

Sprite Kucing tersentuh mouse akan bergerak

Kodok 1 tersentuh mouse akan menjulurkan lidahnya

Kodok 2 tersentuh kucing, maka kodok akan melompat

Lalat akan terbang secara acak jika ditekan tombol A

Lalat akan terbang secara acak jika mouse ditekan


Kodok jika tersentuh akan melompat



1.05 - 06 - 07 Persiapan lomba IKCC -1
Persiapan dan konsultasi membuat projek untuk lomba di bulan Maret 2021 yang diselnggarakan oleh International Kids Coding Competition

Konsultasi lomba atau projek
Konsultasi karya untuk menghadapi lomba di
International Kids Coding Competition 2021 pada awal Maret nanti

Pembedah karya siswa yg mendapatkan award di IKCC,
dan karya-karya lain yang meraih juara
Karya Arsya: save trees for the pongos!

Catatan:
- Materi yang menarik sesuai tema (menngikuti sesui persyaratan)
- Belajar mencari materi dari berbagai sumber ahli dan surfing di internet (banyak baca)
- Membuat template projek yang baik (mudah dilihat dan dinikmati)
- Membuat desain dan gambar karakter yang orisinal (nilai tambah) 
- Membangun coding yang paktis dan simpel
- Menyelesaikan projeknya hingga tuntas

Hasil lomba IKCC kali ini:
- Sebastian Dirgantoro memperoleh award 
- Tristan Adia Kaori memperoleh award


1.08 -Text:
Membuat karakter berbicara dengan blok SAY, dan SAY (detik)

Contoh karya animasi atau komik




1.09 Blok Looks: Efek visual
brightness, color, pixel, mozaik, whirl, fisheye
Prjek Scratch:

berbagai materi coding tentang efek








1.10 Kendali gerakan: blok glide dan blok direction
Projek Scratch:

kendali gerakan menggunakan arah panah



kendali gerakan dg coding di bawah ini lebih cepat responnya





• 1.11 Sekuens lanjutan > animasi dengan visual efek, loop dan timing.
Nilai yang digunakan nilai yang fix tanpa perubahan.
Projek Scratch:




1.12 Operator matematika: blok tambah, kurang




Projek Scratch:




1.13 Pengenlan sumbu koordinat X dan Y pada posisi dan arah


Mengenalkan posisi sprite KUCING pada daerah yg berwarna merah, kuning, hijau dan biru dengan mempraktekkan posisi sumbu X dan Y

Mengenalkan dasar set X dan set Y, baik bernilai negatif dan positif, lalu menggabungkan kedua blok set tersebut

Gabungan dua blok set X dan Y yang menghasilkan poisi tertentu keberadaan sprite KUCING

Berlatih memahami suatu posisi sprite dengan menentukan nilai X dan Y

Projek Scratch:



1.14 Review project game dan animasi




1.15 Gerak rotasi > Blok turn
Membuat jam sederhana dg memahami coding turn + wait

sprite detik + codingnya

sprite menit + codingnya

sprite jam + codingnya

gambar sprite detik





1.16 Basic  > suara efek, suara backsound game, merekam suara

materi coding is fun: efek suara dan music
menggunakan block2 sound + add extension music
membuat projek aplikasi drummer kit

coding 1 pada sprite karakter


coding 2 pada sprite


coding pada sprite gendang


coding pada sprite snare


coding pada sprite cimbal






1.17 Kreasi membuat karakter

untuk mengembangkan desain dan membuatnya bisa menggunakan aplikasi yang ringan yang tersedia di website seperti di sini:

aplikasi pixil


layar tampilan membuat ukuran



berkreasi menciptakan karakter sendiri


mewarnai desain karakter


mengimport (save) hasil karya
yangg sudah dibuat




1.18 Operator matematika lanjut: blok perkalian, pembagian
sederhana mengenalkan block answer



Membuat projek aplikasi untuk latihan matrematika untuk soal penjumlahan,pengurangan dan perkalian

coding bag 1













coding bag 2






1.19 Blok Random dan penggunannya
memahami dan mempraktikkan block random

coding pada sprite1


coding pada sprite beetle


Contoh Projek random pada game menebak posisi diamond




1.20 Extention music bagian 1
Membuat apliaksi kreasi musikku sendiri

1.21 Extention music bagian 2
Kelanjutan membuat aplikasi musikku sendiri

Projek musikku sendiri



1.22 - 23  Mikrokontroller 1
Mengenalkan lewat Tinkercad dan Pictoblox
dalam membuat projek sederhana
Membuat diorama dengan menggunakan sensor cahaya



Projek diorama rumahku cerdas hemat energi


1.24 Tugas akhir project game/animasi
Mengemas aplikasi yang sudah pernah dibuat menjadi aplikasi yg dapat di install di smartphone spt:

Robot bahasa

Kartu lebaran



Materi terkait lainnya:
- Paket lengkap CIF 2022

Kumpulan materi level 1 CIF

1. lalat game -- https://scratch.mit.edu/projects/415223872
2. pong game -- https://scratch.mit.edu/projects/415055482
3. game kejar-kejaran -- https://scratch.mit.edu/projects/455631776
4. game cepat saja -- https://scratch.mit.edu/projects/446550964
5. animasi your name -- https://scratch.mit.edu/projects/651321042
6. game apollo -- https://scratch.mit.edu/projects/486186502
7. aplikasi matematika penjumlahan -- https://scratch.mit.edu/projects/480555239
8. terbang di atas kota -- https://scratch.mit.edu/projects/651337556
9. game menanah -- https://scratch.mit.edu/projects/650908889
10. game balap karung -- https://scratch.mit.edu/projects/668952624

11. game mencocokan kata dan gambar -- https://scratch.mit.edu/projects/651665631
12. game ambil bintang -- https://scratch.mit.edu/projects/651214171
13. aplikasi calculator -- https://scratch.mit.edu/projects/651206568
14. membuat efek hujan salju -- https://scratch.mit.edu/projects/674455466
15. Berbagai efek -- https://scratch.mit.edu/projects/480554590
16. Labirin -- https://scratch.mit.edu/projects/2773681
17. Mengenal Sensing -- https://scratch.mit.edu/projects/480548941
18. Mengenal sumbu X dan Y -- https://scratch.mit.edu/projects/516015669
19. Pixel art animation -- https://scratch.mit.edu/projects/377424627
20. Membuat website -- https://scratch.mit.edu/projects/670099203/

21. Sensor kamera -- https://scratch.mit.edu/projects/673726616/
22. Game Melindungi Nemo -- https://scratch.mit.edu/projects/671333100/
23. Game balon Udara -- https://scratch.mit.edu/projects/651562296/
24. Makanan ikan pink -- https://scratch.mit.edu/projects/2779518/
25. Sensor suara -- https://scratch.mit.edu/projects/480578159/
26. Mengemas film animasi -- https://scratch.mit.edu/projects/690435968/
27. Game Kepik -- https://scratch.mit.edu/projects/643487781/
28. Jatuh berulang -- https://scratch.mit.edu/projects/585125713/
29. Menggambar membuat awan -- https://scratch.mit.edu/projects/661835612/
30. Dasar animasi -- https://scratch.mit.edu/projects/659012184/

31. Game Beruang Aple dan Bom -- https://scratch.mit.edu/projects/652937562/
32. Mobil Barang -- https://scratch.mit.edu/projects/651250776/
33. Pemahaman variable -- https://scratch.mit.edu/projects/654166651/
34. Dragon Ice Cream -- https://scratch.mit.edu/projects/618912095/
35. Bermain matematika dasar -- https://scratch.mit.edu/projects/651201649/
36. kembang Api -- https://scratch.mit.edu/projects/643654426/
37. Line tracker -- https://scratch.mit.edu/projects/482100752/
38. Ulangan harian matematika -- https://scratch.mit.edu/projects/597858954/
39. Penjumlahan dan pengurangan -- https://scratch.mit.edu/projects/480555239/

40. Indtro dan animasi -- https://scratch.mit.edu/projects/637731935/
41. Random/acak -- https://scratch.mit.edu/projects/479397364/
42. menggambar mobil -- https://scratch.mit.edu/projects/628819009/
43. menggambar karakter -- https://scratch.mit.edu/projects/509877829/
44. karakter bergerak -- https://scratch.mit.edu/projects/501096114/
45. petak umpet -- https://scratch.mit.edu/projects/634149204/
46. Micro:bit tombol A dan B -- https://scratch.mit.edu/projects/540820264/
47. Micro:bit tombol + led -- https://scratch.mit.edu/projects/540845481/
48. Corona game -- https://scratch.mit.edu/projects/376782858/
49. Create clone -- https://scratch.mit.edu/projects/500361625/
50. Microbit: arah + labirin -- https://scratch.mit.edu/projects/540826608/

51. Microbit: detak cinta -- https://scratch.mit.edu/projects/599414184/
52. Memahami variable -- https://scratch.mit.edu/projects/615183505/
53. Labirin 1 -- https://scratch.mit.edu/projects/2773681/
54. Sensing ganti backdrop -- https://scratch.mit.edu/projects/569657233/
55. Swith costume -- https://scratch.mit.edu/projects/549183015/
56. Kendali mobil -- https://scratch.mit.edu/projects/648431314/
57. Mencari Burung -- https://scratch.mit.edu/projects/706612019/
58. Mancing ikan di laut -- https://scratch.mit.edu/projects/711948938/
59. Matching food -- https://scratch.mit.edu/projects/708998773/
60. Kendali mobil -- https://scratch.mit.edu/projects/648431314/

61. Kereta Api (animasi) -- https://scratch.mit.edu/projects/723338258/
62. Color stamp random -- https://scratch.mit.edu/projects/757870929/
63. Illustrasi karakter -- https://scratch.mit.edu/projects/763103123/
64. Army of cats -- https://scratch.mit.edu/projects/762568256/
65. Efek hujan -- https://scratch.mit.edu/projects/725932476/
66. Pengembala -- https://scratch.mit.edu/projects/755582796/
67. Soal pertanyaan matematika -- https://scratch.mit.edu/projects/755017091/
68. Matematika pengurangan -- https://scratch.mit.edu/projects/780865048/
69. Berhitung -- https://scratch.mit.edu/projects/780876583/
70. 



Label