MATERI lEVEL 2
Kelas Coding is fun
• 2.01 - Sekuens: Animasi lanjutan
Projek Buang sampah pada tempatnya
Kompetensi dasar:
- Kemampuan coding dasar: mengurut susunan coding untuk sebuah gerakan
Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Mampu membuat coding untuk sebuah gerakan tertentu
Tujuan Pembelajaran:
- Memahami urutan dan logikanya dalam sebuah coding gerakan tertentu
Kegiatan Pembelajaran:
- Membaut gerak animasi berjalan
- Membuat coding untuk gerak berulang dan memantul
- Membuat gerak berpola dengan block pensil
Projek Scratch:
Game tangkap buah
Projek Scratch tambahan hari Rabu:
https://scratch.mit.edu/projects/485633782
Projek Scratch kelas tambahan hari Rabu mengenai template Komok * efek:
https://kakzulfa.blogspot.com/2021/02/kelas-tambahan-coding.html
• 2.02 - Basic gerakan dengan blok IF THEN
Kompetensi dasar:
- Kemampuan coding dasar: mengurut susunan coding menggunakan block if then
Indikator Pencapaian Kompetensi:
- Mampu membuat coding untuk sebuah gerakan tertentu
Tujuan Pembelajaran:
- Memahami urutan dan logikanya dalam coding menggunakan block if then
Kegiatan Pembelajaran:
- Membaut gerak pada sprite jika kondisi tertentu
-- Projek game https://scratch.mit.edu/projects/551881618/
• 2.03 - Sensing: Blok touching> Bikin virtual PET (Tamagotchi)
Projek Scratch:
• 2.04 - Sensing : Blok ASK and WAIT
gunakan pada projek platform yang merka gunakan
Projek Scratch:
• 2.05 - 06 - 07 Persiapan lomba IKCC -1
Tema Robot:
beberapa hasil lomba sb::
- Sebastian (award outstanding animation)
- Arya (award outstanding script)
- Tristan (award outstanding animation)
- Akhtar (award out standing script)
• 2.08 - Pengenalan blok Broadcast and when i received
Projek: Animasi dg blok broadcast
• 2.09 - Blok Looks: efek visual > ghost > Trik tombol padaGame RPG
Projek:
• 2.10 - Kendali gerakan dengan gabungan blok auto Random
Projek:
• 2.11 - Sekuens lanjutan > animasi dengan visual efek, loop dan timing,
adanya penambahan dan perubahan nilai efek dengan blok CHANGE
• 2.12 - Operator matematika: aplikasi quiz MATEMATIKA
• 2.13 - Lanjutan sumbu koordinat X dan Y: looping posisi X,Y>
Game merdeka atau mati, tangkap buah, line tracker
Projek: Merdeka atau mati
• 2.14 - Review project coding + art
Projek:
• 2.15 - Gerak rotasi > Blok turn dengn repeat until > menggambar pola Arabesk
project menggambar bunga, daun, dan pola lain.
Projek:
• 2.16 - Lanjutan Sound > import audio dari luar SCRATCH, pengaturan suara
Projek:
• 2.17 - Kreasi membuat karakter > project kolaborasi karakter berjalan
Projek:
• 2.18 - Operator matematika
Projek:
• 2.19 - Project kolaborasi: Basic RPG GAME
• 2.20 - Extention PEN bagian 1
• 2.21 - Extention PEN bagian 2 > STAMP
Projek:
•2.22. Mengenal dasar Microbit 1
- membuat akun di microbit/makecode
- mengenal microbit melalui membuat projek:
-- mengukur suhu
2.23. Microbit 2
Membuat projek
- sensor kemiringan:
-- membuat sen sepeda di helm
- sensor cahaya + servo
2.24. Microbit 3
Membuat saklar tepuk on-off
2.25. Microbit 4
Membuat calculator
calculator 2
• 2.26 - Scroll latar
Projek:
• 2.26 - Tugas akhir project game/animasi
Projek-projek sebagai tambahan ide belajar:
- Jam
https://scratch.mit.edu/projects/534422685/