Jumat, 29 Januari 2021

LEVEL 2 CIF

MATERI lEVEL 2
Kelas Coding is fun

2.01 - Sekuens: Animasi lanjutan
Projek Buang sampah pada tempatnya

Kompetensi dasar: - Kemampuan coding dasar: mengurut susunan coding untuk sebuah gerakan

Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mampu membuat coding untuk sebuah gerakan tertentu

Tujuan Pembelajaran: - Memahami urutan dan logikanya dalam sebuah coding gerakan tertentu

Kegiatan Pembelajaran: - Membaut gerak animasi berjalan - Membuat coding untuk gerak berulang dan memantul - Membuat gerak berpola dengan block pensil

Projek Scratch: Game tangkap buah

Projek Scratch tambahan hari Rabu: https://scratch.mit.edu/projects/485633782

Projek Scratch kelas tambahan hari Rabu mengenai template Komok * efek: https://kakzulfa.blogspot.com/2021/02/kelas-tambahan-coding.html


2.02 - Basic gerakan dengan blok IF THEN

Kompetensi dasar: - Kemampuan coding dasar: mengurut susunan coding menggunakan block if then

Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mampu membuat coding untuk sebuah gerakan tertentu

Tujuan Pembelajaran: - Memahami urutan dan logikanya dalam coding menggunakan block if then

Kegiatan Pembelajaran: - Membaut gerak pada sprite jika kondisi tertentu -- Projek game https://scratch.mit.edu/projects/551881618/





2.03 - Sensing: Blok touching> Bikin virtual PET (Tamagotchi)
Projek Scratch:


2.04 - Sensing : Blok ASK and WAIT
gunakan pada projek platform yang merka gunakan



Projek Scratch:



2.05 - 06 - 07 Persiapan lomba IKCC -1
Tema Robot:
beberapa hasil lomba sb::
- Sebastian (award outstanding animation)

- Arya (award outstanding script)

- Tristan (award outstanding animation)


- Akhtar (award out standing script)


2.08 - Pengenalan blok Broadcast and when i received

Projek: Animasi dg blok broadcast


2.09 - Blok Looks: efek visual > ghost > Trik tombol padaGame RPG
Projek:


2.10 - Kendali gerakan dengan gabungan blok auto Random
Projek:



2.11 - Sekuens lanjutan > animasi dengan visual efek, loop dan timing, adanya penambahan dan perubahan nilai efek dengan blok CHANGE



2.12 - Operator matematika: aplikasi quiz MATEMATIKA


2.13 -  Lanjutan sumbu koordinat X dan Y: looping posisi X,Y>
Game merdeka atau mati, tangkap buah, line tracker
Projek: Merdeka atau mati

2.14 - Review project coding + art
Projek:


2.15 - Gerak rotasi > Blok turn dengn repeat until > menggambar pola Arabesk
project menggambar bunga, daun, dan pola lain.
Projek:


2.16 - Lanjutan Sound > import audio dari luar SCRATCH, pengaturan suara
Projek:


2.17 - Kreasi membuat karakter > project kolaborasi karakter berjalan
Projek:


2.18 - Operator matematika
Projek:


2.19 - Project kolaborasi: Basic RPG GAME


2.20 - Extention PEN bagian 1

2.21 - Extention PEN bagian 2 > STAMP
Projek:


2.22.  Mengenal dasar Microbit 1
- membuat akun di microbit/makecode
- mengenal microbit melalui membuat projek:
-- mengukur suhu


2.23. Microbit 2
Membuat projek
- sensor kemiringan:
-- membuat sen sepeda di helm

- sensor cahaya + servo

2.24. Microbit 3
Membuat saklar tepuk on-off

2.25. Microbit 4
Membuat calculator
calculator 2

• 2.26 - Scroll latar
Projek:


• 2.26 - Tugas akhir project game/animasi

Projek-projek sebagai tambahan ide belajar:
- Jam
https://scratch.mit.edu/projects/534422685/






Label