MATERI CODING IS FUN Semester 5 Th 2021
KOMPOSISI MATERI DI LEVEL 5 Scratch : 60% Animasi, komik, RPG game, Advanced Webcam & audio, Game dg List & define, Game dengan shop/coin
Arduino: Tinkercad + PictoBlox : 20% Praktik Arduino UNO, Face Detection
Scratch Extention: 10% Physics, Sheeptester
LAIN-LAIN : 10% Seni Rupa + Kreativitas, BuildBox, Common Coding, HTMLifier
5.01-02 Materi Physics - Introduction
https://griffpatch.github.io/scratch-gui/
Pengenalan: dasar gravitasi dan gaya gesekan
Kompetensi dasar: Pengunaan coding efek fisika pada sebuah projek https://griffpatch.github.io/scratch-gui/
Indikator Pencapaian Kompetensi: Bisa membuat projek game dg menggunakan efek hukum fisika
Tujuan Pembelajaran: Mampu dan memahami penggunaan add extention 2D pada game yang memakai efek fisika
Kegiatan Pembelajaran: Membuat projek: 1. Green Match: Balapan kelerang halang rintang 2. Game menangkap telur ayam 3. Game angry bird
Tugas: Menyelesaikan game yg diajarkan di kelas zoom dan meremixnya sesuai kemampuan siswa
5.03 - 04 Materi Story/COMIC Membuat projek cerita dalam bentuk komik menggunakan Scratch dengan memperhatikan berbagai coding efek sehingga menghasilka karya yg unik dan menarik
Kompetensi dasar: Kemampuan kreativitas seni rupa + coding - mengasah kemampuan membuat karakter (desain dan gambar) - memakai berbagai efek dengan coding & image
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mampu membuat komik singkat beserta penggunaan efeknya
Tujuan Pembelajaran: - Mengasah kreativitas coding dalam membuat cerita komik
Kegiatan Pembelajaran: - membuat cerita komik singkat, diharapkan membuat cerita sendiri yang orisinal semisal cerita tentang pengalaman sehari-hari atau cerita dari mimpi yag perbah dialami sebagai inspirasi dalam membangun cerita. Atau bisa memakai tugas membuat cerita di sekolah yang dwujudkan menjadi komik sederhana.
- Cerita komik yang disesuikan dengan tema lomba kali ini di bulan Maret 2021.
Urutan membuat komik: - buat ceritanya terlebih dahulu - membuat karakter tokoh ceritanya - membuat latar cerita atau bisa memanfaatkan teknik fotografi dg hp - membuat efek-efek image, seperti membuat bayangan, asap, cahaya dll - merangkai komik di Scratch
Contoh komik: https://scratch.mit.edu/projects/490392552/
5.05 Pictoblox - FACE DETECTION Pengenal wajah dengan PICTOBLOX https://thestempedia.com/product/pictoblox/download-pictoblox/
Kompetensi dasar: - Kemampuan coding PictoBlox
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Dapat membuat apliaksi pendeketsi wajah pada projek membuka pintu
Tujuan Pembelajaran: - Mampu menggunakan sensor pendektesi wajah ada projek buka pintu
Kegiatan Pembelajaran: - Membuat projek membuka pintu dengan sensor deteksi wajah
5.06 Pictoblox - SMART HOME Materi pokok dasar coding Arduino yang sangat mudah dan praktis menggunakan Pictoblox karena cukup mudah untuk upload ke papan microcontrollernya.
Materi: 1. Projek membuat variasi nyala lampu LED, 2 Projek variasi nyala LED + Buzer, 3. Projek variasi 1+2 dengan menggunakan sensor ultrasonic,
Pilihan projek: 1.Membuat celengan otomatis dengan sensor cahaya 2. Tempat sampah otomatis dg sensor cahaya 3. Saklar lampu otomatis dg sensor cahaya
Kompetensi dasar: - Kemampuan coding Arduino pada projek IoT
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mampu membuat coding yang terhubung ke Arduino menggunakan koneksi bluetooth
Tujuan Pembelajaran: - Dapat membuat projek smarthome 1 hingga 3 titik yang dapat dikendalikan smartphone
Kegiatan Pembelajaran: - Membaut projek Smarthome rumahpintar yang dapat mengendalikan perlatan listrik di rumah melalui smartphone
5.07 - 08 GAME RPG Scratch Membangun game secara bersama-sama (sebuah kolaborasi semua siswa) yang diharapkan menjadi sebuah contoh projek bersama. Prinsip Bhineka Tunggal Ika dalam satu permainan tapi setiap siswa bisa mengungkapkan gaya dan desainnya masing-masing Mengembangkan game RPG secara bersama-sama dg membuat dunianya masing-masing
Kompetensi dasar: - Kreativitas membangun dunianya masing-masing dalam permainan RPG
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mampu membuat dunianya masing-masing pada lokasi yang telah ditentukan
Tujuan Pembelajaran: - mengasah kemampuan merancang sebuah wilayah game dan codingnya
Kegiatan Pembelajaran: - merancang dunia game masing-masing sesuai kreativitas siswa - Membuat gambar: karakter, rumah, isi rumah, ingkungan disekitar rumah
Materi kemampuan mendesain karakter sekaligus kemampuan codingnya
5.09 - 10 Project animasi Prinsip animasi di sprite dg berbagai cara: 1. Teknik gif: mengekspor file gif dari hasil surfing di internet atau membuat sendiri seperti lewat penyedia palikasi. 2. Teknik gambar di sprite: menggambar langsung di stage sprite bisa menggunakan style yang sederhana atau menggunakan teknik afek pixel art yang ada di block looks. 3. Teknik menggunakan foto atau stop motion. --- Materi ini memahami bagaimana cara kerja animasi dg berbagai trik dan teknik
Kompetensi dasar: - Membuat animasi
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mampu membuat gerakan animasi dg custume + coding
Tujuan Pembelajaran: - Membuat animasi singkat untuk presentasi/cerita
Kegiatan Pembelajaran:
- Membuat berbagai gerakan dari gambar/foto + coding
- Menggolah gambar menjadi sebuah gerakan animasi
--- membuat gerak berjalan
--- membuat gerak terbang + efeknya
5.11 - 12 BUILD BOX - Introduction Pengantar pengenalan aplikasi builbox dg cara langsung praktek
Kompetensi dasar: - Mengenalkan penggunaan spliaksi bildbox
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mampu menggunakan aplikasi biulbox dan membuat game sederhana
Tujuan Pembelajaran: - Meningktakan keterampilan coding dengan aplikasi 3d D game BuildBox
Kegiatan Pembelajaran: - Membuat game 3D sedrhana
Contoh projek: - -
5.13 SHEEPTESTER dan HTMLFIER Menggunakan aplikasi di sheeptester & HTMLifier untuk membuat projek yag dapat berjalan di browser pada smartphone
Kompetensi dasar: - Kemampuan menggunakan dua aplikasi tersebut di atas pada projek
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Projeknya game/animasi/aplikasinya dapat berjalan di browser di smartphone
Tujuan Pembelajaran: -Mampu membuat sebuah projek Scratch bisa berjalan di browser pada smartphone
Kegiatan Pembelajaran: - Membuat aplikasi/animasi sesuai kreativitas siswa
Contoh game memilah sampah atau animasi tentang mencuci tangan yg benar
5.14 - 15 ADVANCE CODING PENGGUNAAN LIST DAN DEFINE pada GAME Project voting/ aplikasi online. Siswa ditugaskan membuat projek yg bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dan kita pamerkan hasilnya
Kompetensi dasar: - Meningkatkan kemampuan coding menggunakan list dan define
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mampu membuat projek aplikasi voting
Tujuan Pembelajaran: - Mampu membuat projek yang interaktif
Kegiatan Pembelajaran: - Membuat aplikasi voting atau memilih menu
Contoh project: VOTING, hi-score
5.16 Desain dan lay-out projek game Memahami pentingnya desain unik dan menarik, belajar membuat judul, membuat keterangan judul, instruksi permainan dll
Kompetensi dasar: - Meningkatkan kemampuan desain sebuah projek
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mampu membuat desain yg orisal
Tujuan Pembelajaran: - Mampu membuat desain dan lay-out projek game yang komunikatif dan menarik
Kegiatan Pembelajaran: - Membuat projek sesuai keinginan masing-masing siswa
5.17 Desain Karakter berkereasi membuat karakter dg berbagai teknik dan trik: dg pixel art, dg photoshop, dg guntingan kertas manual,
Kompetensi dasar: - Meningkatkan kemampuan desain sebuah projek
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mampu membuat karakter masing-masing yg orisal
Tujuan Pembelajaran: - Mampu membuat karakter
Kegiatan Pembelajaran: - Membuat karakter dengan teknik menggambar atau dengan fotografi
5.18 Membuat cerita interaktif dari buku bergambar Siswa memilih sebuah buku cerita bergambar pendek untuk dibuat projek cerita interaktifnyayang menarik dengan memasukkan rekaman teks suara dan latar music dan pemebrian efek animasi. Hasil akhir diconvert ke HTMLifier serta disiapkan untuk diunggah ke youtube sebagai pameran karya dan kita bahas di LIVE streaming Minggu malam acara ART N CODING. Manfaatkan materi coding paralax, juga bisa manfaatkan scratch yg fisika
Kompetensi dasar: - Kemampuan kreativitas seni rupa
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mampu memindahkan format buku ke aplikasi/game
Tujuan Pembelajaran: - Mampu mengubah buku cerita menjadi format aplikasi interaktif
Kegiatan Pembelajaran: - Membuat cerita interaktif dg coding Scratch
5.19 CODING MATEMATIKA Materi disesuaikan tingkat kelas dan pemahaman matematikanya siswa. Materi menjelaskan konsep rumusan matematika seperti phytagoras, gradien, penjumlahan, pengurangan, pembagian, dll silakan dikembangkan semua rumusan matematika dari kelas 1 hingga kelas 9 smp
Kompetensi dasar: - Keampuan logika matematika pada coding
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mampu membuat aplikasi soal ulangan matematika
Tujuan Pembelajaran: - Mampu membuat materi pelajaran matematika menjadi menarik
Kegiatan Pembelajaran: - Mambuat aplikasi pelajaran matematika sesuai dengan kemampuan siswa
5.20 Membuat aplikasi profile siswa + HTMLIFIER Aplikasi interaktif dessain website sederhana untuk profile siswa dan kumpulan karya-karyanya yang dikemas menarik menjadi aplikasi sederhana. Perlu diperhitungkan media HP untuk pemunculan aplikasinya, jadi dihindari keyboard, harus touch. Membuat profile masing-masing siswa, tentang dirinya, hobinya, kegiatannya hingga cita-cita dan sederet dengan prestasi
Kompetensi dasar: - Kemampuan mendesan aplikasi
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mampu membuat aplikasi profile siswa masing-masing
Tujuan Pembelajaran: - Mampu membuat apliaksi profile siswa
Kegiatan Pembelajaran: - Menyusun CV setia siswa - Mencari bahan2 foto pribadi - Menyusun menu aplikasi - Membuat desan aplikasinya - Mengcoding dan membungkusnya hingga selesai
5.21 - 22 COMMON CODING + ARDUINO + SCRATCH: Memanfaatkan arduino sebagai pendukung akendali game di Scratch Membuat projek dg memanfaat arduino sebagai kendali game
Kompetensi dasar: - Kemampuan coding Scratch + Arduino
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Mampu membuat interaksi antara Ardunio dan Scratch pada projek game
Tujuan Pembelajaran: - Membuat kendali game dengan Arduino
Kegiatan Pembelajaran: - Menghubungkan Arduino dengan comoncoding menggunakan drivernya hingga terkoneksi dan daat sebagai kendali permainan.
Contoh materi: - mengatur perubahan efek pixel art pada sprite menggunakan potensiometer
5.23 - 24 MEMBUAT PROJEK MASING-MASING SISWA SECARA BEBAS
Kompetensi dasar: - Kemampuan coding Arduino + merangkai skema elektronika + membangun projek
Indikator Pencapaian Kompetensi: - Membuat projek sehari-hari hingga selesai
Tujuan Pembelajaran: - Kemampuan kreativitas membuat projek yg bermanfaat mengunakan Arduino
Kegiatan Pembelajaran: - Membuat proje celengan otomatis - Membuat tempat sampah otomatis - Membuat variasi lampu pohon natal otomatis