Penerimaan penghargaan kedua kalinya oleh siswi studio RSRZ di Kedubes Cheko di Jakarta pada event 51 th International Childrens Exhibition of Fine Arts LIDICE 2023 |
Prestasi pertama siswa studio RSR di tingkat dunia tahun 2020 |
Mengolah bentuk dg media tanah liat salah satu materi kelas seni rupa untuk mengasah kepekaan sensor motorik anak |
Mempersiapkan karya untuk pameran |
Program Kelas Seni Rupa bersama studio RSRZ Pamulang
Program seni rupa anak ini bukan hanya belajar menggambar atau melukis saja seperti anggapan kebanyakan masyarakat umum. Program kelas seni rupa ini mengembangkan keterampilan dan ilmu seni rupa untuk kehidupan.
Karya seni rupa sangatlah beragam dan luas pengaplikasiannya, pada karya lukis, batik, mematung, mendesain produk, desain interior, media digital, membuat animasi, poster, fotografi dll. Untuk mewujudkan ini semua diperlukan pembelajaran yang mengacu pada ilmu-ilmu yang berhubungan dengan seni rupa. Lewat kelas seni rupa ini, hadir sebagai kegiatan yang menawarkan konsep menyeluruh dan fun bagi semua peserta.
Pendaftaran kelas seni rupa klik di sini
Praktek membuat mural di kegiatan ekskul seni rupa SDI Arrasyid |
Mural: Berkarya bisa di mana saja, tembok studiopun jadi |
Program kelas seni rupa anak yang meliputi pembelajaran materi seni rupa yang fun yang meterinya terdiri dari:
- Gambar bentuk
- Gambar Imajinasi
- Gambar Perspektif
- Nirmana 2 Dimensi
- Nirmana 3 Dimensi
- Fotografi
- Kerja studio
- Pameran
- Pameran siswa di Galeri Nasional
- Pameran seni rupa anak 2023 studio RSRZ Pamlang di Bogor
Seni Rupa Anak: Bercerita sambil mengasah kemampuan membentuk |
Melihat, mengamati dan menuangkannya ke bidang gambar |
Menagajarkan keterampilan dan pemahaman struktur benda, sebagai keterampilan dasar berkarya. Melalui beberapa materi kegiatan praktik:
- Menarik garis tanpa ragu dan takut
- Menggambar susunan benda untuk berlatih kemampuan berbandingan antar benda yang akan digambar.
- Menggambar pemandangan secara langsung lewat pemahaman struktur dasar benda agar memudahkan berkarya.
Gambar Imajinasi
Melatih siswa untuk berani mewujudkan kreasi ide-idenya yang orisinal. Melatih mewujudkan mimpi-mimpi jadi kenyataan dalam sebuah karya.
Gambar Perspektif
Materi yang membekali ilmu perspektif dan pemahaman dalam keterampilan menggambar mewujudkan kreasi ide dan desainnya secara benar.
Saat belajar Nirmana 3 dimensi |
Nirmana 2 Dimensi dan 3 Dimensi
Mengenal unsur-unsur dasar rupa sebagai pondasi dalam berkarya selanjutnya. baik secara 2 dimensi dan 3 dimensi yang pengembangannya akan diwujudkan di kerja studio.
Siswa memahami teori fotografi lewat praktek langsung |
Fotografi
Keterampilan yang sangat diperlukan dalam kehidupan menghadapi era Industri 4.0 yang serba visual dan praktis.
Kerja studio: Mewujudkan hasil belajar mempersiapkan pameran |
Asyiknya berkarya keramik saat kerja studio |
Membuat batik tulis dengan pewarna alam |
Siswa mempersiapkan karyanya untuk pameran di Galeri Nasional, Jakarta |
Membuat pola batik pada kain besar |
Kerja studio
Perwujudan karya dari materi-materi ilmu yang telah diberikan sebelumnya baik secar individu maupun berkelompok.
Pameran karya: Bagian penting dari proses program kelas seni rupa |
Pameran di galeri sekolah SOU Parung, Bogor |
Poster pameran. Kebutuhan pameran disiapkan secara matang |
Keterampilan Digital: Desain spanduk pameran |
Titan CS: Karyanya batik tulis di Galeri Nasional Jakarta 2019 pada ajang Festival Seni Rupa Anak Indonesia |
Kibar DS: Kamichu Game di Galeri nasional Jakarta 2019 pada ajang Festival Seni Rupa Anak Indonesia |
Pameran ONLINE: Membangun pameran fotografi siswa di metaverse |
Pameran tunggal di metaverse Roblox sebagai salah satu alternatif berkarya |
Suasana pameran lukisan di Roblox |
Pameran
Media mempromosikan ide dan karya siswa dalam bentuk karya kreatif, sekaligus sebagai penghargaan (apresiasi proses belajar siswa). Pameran bisa dibuat secara online maupun offline seperti pameran lukisan di aplikasi Roblox atau di paltform lainnya seperti pameran fotografi di meteverse berikut ini
Tahapan Program:
1. Mengenalkan dunia seni rupa secara luas berikut aplikasinya
2. Berkarya imajinasi sesuai kesukaan siswa untuk melatih keberanian mengungkapkan ide cerita dan rasa dalam suasana fun
3. Dasar-dasar menggambar:
3.1 Berlatih menarik garis
3.2 Mengenal struktur dasarsebuah objek
3.3 Menggambar objek secara langsung
3.4 Menaggambar perspektif
3.5 menggambar imajinasi
4. Mengenal warna
5. Mengenalkan teknik media:
6. Berkarya di atas media
7. Teknik dalam berkarya dan eksplorasinya:
8. Kerja studio dan persiapan pameran
8.1 Mempersiapkan karya selama masa belajar
8.2 Persiapan pameran siswa di sekolah atau di luar sekolah
KUMPULAN PRAKTEK KELAS SENI RUPA:
1. Berkarya bebas sesuka hati sesuai keinginan anak
2. Gambar bercerita sesuai imajinasi anak --> membuat stop animation
3. Membuat karakter imajinasimu sendiri, menggunting, mewarnai, merangkai
4. Menggambar objek (buah, benda, hewan kesayangan dll) secara langsung
5. Membuat sketsa di luar ruang
6. Membuat ilustrasi buku
7. dll
Program khusus siswa kelas 12
(persiapan ujian masuk perguruan tinggi seni rupa)
Program persiapan ujian dan pembuatan portopolio persyaratan masuk perguruan tinggi.
Jadwal belajar program khusus ini disesuaikan sesuai perjanjian.
Galeri karya:
Keramik-keramik imut karya Gwen 4 SD |
Seperangkat alat makan-minum karya Gwen 4 SD |
Karya dengan pewarna zat alami karya Titan 5 SD |
Membuat karya diorama dg kertas karya Syauqi 2 SD |
Batik tulis karya Titan saat dipamerkan di Galeri nasional Jakarta 2019 |
Membatik dg canting elektrik |
Membatik dengan teknik coletan |
Membuat helm cosplay |
"Kota di batas cakrawala" Karya Khalisya 1 SMP meraih medal di LIDICE, Ceko 2020 |
Melukis dengan air kopi sebagai media alterantif |
Menggambar di media boneka manekin |
Fashion Designer cilik: praktik kerja studio |
Desain karakter: Digital art karya Karima SM |
Workshop melukis cat air di alam terbuka di halaman sekolah Arrasyid Juli 2022 |
Desain pakaian karya Titan 5 SD |
Suasana di studio RSRZ
Fotografi:
Toys photography 1
Toys photography 2
Animasi:
Stop animation
Stop animation 2
Yuk berkenalan dengan kakzulfa
- Pendiri studio RSRZ
- Liputan Jawa Pos ttg studio RSRZ
- Liputan NaraTimes