Pendampingan ke sekolah SDI Manaaratul Iman, Bandung oleh Studio RSRZ
Program pendampingan materi seni rupa dan coding is fun ke sekolah dasar di Bandung ini merupakan program kelanjutan dari pelatihan guru seni rupa dan coding via online setiap hari Senin jam 14:00 WIB.
Pelatihan ini dalam rangka menyiapkan keterampilan dan materi guru untuk memulai mengajarkan mata pelajaran coding di sekolah. Mulai dari pelatihan guru coding is fun, paraktek membuat projek, paraktek mengajar di kelas hingga mengembangkan coding dan mengintegrasikan dengan mata pelajaran lainnya. Sehingga coding bisa masuk ke semua pelajaran dengan menyenangkan/fun.
Kali ini sebagai langkah awal pendampingan, dimulai dengan mendaftarkan para siswa untuk bisa mengikuti lomba coding di ikcc.info, menjelaskan tema dan point-point penting dalam penjurian lomba tersebut. Diharapkan siswa dapat menjalani semua proses dalam lomba ini dalam waktu kurang dari sebulan untuk mempersiapkan projek lomba.
Link registrasi lomba coding: https://www.ikcc.info/en/account/register
Metoda yang sering kami pakai dan kembangkan adalah dengan cara pendekatan berbasik projek yang sesuai kesukaan anak didik, karena kami berprinsip belajar yang menyenangkan itu akan jauh lebih mudah dan bisa diterima oleh semua siswa.
Dari membuat projek Scratch itulah berbagai macam ilmu dan teori dari mata pelajaran lainnya mampu disinergikan dan dimafaatkan sebagai bahan belajar dan mengajar yang menarik dan kreatif.
Sebagai contoh tugas presentasi mata pelajaran disekolah (misal; daur ulang sampah) dapat dibangun menggunakan Scratch dan kemampuan coding dari siswa sehingga dapat dikembangkan menjadi lebih interaktif, menarik, kreatif dan fun.
Berikut contoh projek presentasi sekolah kelas 5 SD:
Mataram Sultanate
Atau beberapa contoh projek lainnya yang bisa diintegrasikan kedalam mata pelajaran sekolah.
Projek aplikasi ulangan harian
Projek aplikasi animasi video clips
Projek membuat buku cerita
Projek membuat absensi kelas
dan masih banyak lainnya
Kelas seni rupa
- membuat benang kusut dan dikembangkan menjadi domba
- membuat titik-titik secara acak di kertas dengan jarak sekittar 5 cm lalu dihubungkan dengan manarik garis
Memasukkan program event lomba dalam agenda pendidikan sekolah setiap tahunnya dengan tujuan melatih daya tahan siswa serta ketekunan dalam berkarya, serta belajar terhadap kemajuan dan update dunia seni rupa.