Sabtu, 11 Oktober 2025

Coding is fun SDIT Darul Hikam


Pelatihan coding & AI
guru 
SDIT Darul Hikam Insani

Kegiatan:
- Pelatihan guru (tatap muka dan online)
- Pembuatan materi ajar selama 1 semester tahun ajaran 2025-2026
- Pendampingan guru di awal (setiap Senin di bulan November 2025)





ICE BREAKING!!!
- Praktek berkelompok dan catat caranya







Pemrograman
 sebenarnya kegiatan yang setiap hari kita lakukan, hanya saja kita tidak perlu menuliskan secara rinci tetapi otak kita dan pengalaman kita yang terbiasa lakukan secara berulang setiap hari.

Sebagai contoh bagaimana seorang ibu menyiapkan makan sarapan pagi bagi keluarganya dengan sarapan nasi goreng atau lainnya. Jika ada yang kurang enak atau ada sesuatu yang kurang maka ibu akan merefisi/mengulang hingga enak. mencoba merasa, meneliti dan mencari jalan keluarnya agar masakan nantinya bisa lebih enak lagi. Atau seorang ayah pergi menuju kantor mencari jalan yang lancar dan mudah dengan kendarannya, jika ada halangan maka si ayah akan mencari jalan lain untuk bisa menuju kantornya.

Namun kali ini kita belajar menulis proses tsb dan mencoba mengkomunikasikannya dengan orang lain (komputer) agar oranglain mengerti dan bisa menjalankannya seperti apa yang kita mau.

Nah bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain/komputer inilah yang mempunyai (ragam tingkatan bahasa), diantaranya yang akan kita bahas dan pelajari dalam pelatihan ini, khususnya belajar bahasa pemrograman untuk anak sekolah dasar menggunakan bahasa visual (visual language)




Kebutuhan pelatihan dan materi Coding is fun di SDIT Darul Hikam, Bekasi
(Rencana bulan November 2025 kelas sudah dimulai)

1. Pelatihan pengajar/guru coding is fun:
    1.1.    Pelatihan tatap muka
              
(hari Minggu, 12 dan 16 Okt 2025, selama 5 jam di SDIT Darul Hikam)



              Bahasa Pemrograman?
              macam-macam bahasa pemrograman komputer

                Tingkat rendah --> lebih dekat ke bahasa mesin --> Assembly

Sangat dekat dengan bahasa mesin, sulit dipahami manusia. Memberikan kontrol tinggi terhadap hardware.

Contoh instruksi bahasa mesin adalah operasi penjumlahan sederhana: 
01100110 00001010. Urutan biner ini merupakan instruksi yang memerintahkan komputer untuk menjumlahkan dua angka.


                Tingkat menengah --> menengah

Menjembatani tingkat rendah dan tinggi. Memberikan kontrol hardware yang baik tetapi lebih mudah dibaca daripada Assembly.

                Tingkat tinggi --> lebih mudah dipahami manusia

Sangat dekat dengan bahasa manusia (menggunakan kata-kata bahasa Inggris). Mudah dipelajari dan tidak bergantung pada arsitektur mesin tertentu.

Scratch termasukontoh bahasa tingkat tinggi dengan cara menyusun balok-balok puzzle atau disebut bahasa viaual (visual language)



              
              Algoritma?
              langkah-langkah sebuah proses (metode) untuk memecahkan masalah

              penulisan langkah-langkah inilah disebut coding
              

Contoh praktek pemahaman algoritma  (sebagai pembuka pelatihan):
bagaimana cara memindahkan gelas berisi air teh dan gelas berisi air putih, saling bertukar tempat?


              Coding? 
              cara kita menyusun bahasa program untuk berkomunikasi dengan komputer




contoh penyusunan coding untuk algoritma aplikasi soal matematika:
- pertanyaan soal
- membuat sebuah fungsi untuk mengetahui apakah jawaban benar atau salah
- jika ena apa?
- jika tidak benar apa?



              - Pengantar aplikasi pemrograman untuk anak:
                Scratch Junior,
                OctoStudio,
 dan
                Scratch

                Micro:bit
                Tinkercad (simulator
                sheeptester.githup.io (merubah ukuran layar Scratch)
                Leopardjs

              - Mengenal Scratch versi online dan offline --> komputer dan tablet

              - Praktek membuat akun Scratch untuk persiapan mengajar dan belajar
                Link: Scratch awal
                Link download: Download Scratch
                Buat user name: nama alias --> FK5-2025
                E-mail: konfirmasi e-mail dan pendataan admin siswa

              
- Pelatihan dasar Scratch mengenal semua fitur2 dan blok code
                Motion/gerakan
                Look/tampilan
                Sound/suara
                Kejadian/event ----> penyebab
                Control/kontrol
                Sensing/sensor
                Operator/operator matematik
                Variable/variabel ---> wadah
                Blok saya

              - Membuat studio berdasarkan kelas
                link studio:
                studio guru,
                studio kelas 1
                studio kelas 2
                
studio kelas 3
                
studio kelas 4
                
studio kelas 5
                
studio kelas 6


              - Membuat materi ajar setiap kelas menggunakan Scratch
                Link projek: aplikasi ulangan, ulangan 2, ulangan format game

              - Membuat catatan blog untuk kebutuhan menulis, menyimpan materi pembelajaran
                -- menulis, menyimpan, dan akses materi mengajar dari mana saja
                -- free dan praktis
                -- menjadi buku catatan (bisa sangat rinci) sepanjang masa

                -- media penyimpanan gratis:
                    --- grup FB: membuat perpustakaan, penyimpanan foto
                    --- Youtube: menyimpan video, bisa diatur kemunculannya
                    --- dll

 
              - memanfaatkan AI sebagai sumber referensi mengajar dan belajar
                -- materi dikonversi ke HP atau ke aplikasi di kompuer --> HTMLifier
                -- mengkroping gambar --> removebg
                -- merekam/membuat sound music --> suno.ai
                -- menggambar
 --> pixilart
                -- maze
                -- demiramon
                -- youtube to mp3
                -- dll  
        

    1.2.    Pelatihan online via zoom
              (November seminggu 2 kali, Januari - Juni 
seminggu sekali)

              Pendalaman materi 7 dasar prinsip pemrograman Scratch:
                -- Urutan
                
-- Pengulangan
                -- Paralel
                
-- Event
                -- Condition
                
-- Operator
                -- Data

              - 
membuat pojek game
              - 
membuat pojek animasi
              membuat pojek aplikasi ulangan
              - membuat pojek buku/cerita interaktif
              
membuat pojek presentasi
              membuat pojek soal matematika
              membuat pojek desain batik
              
membuat pojek video clip
              - 
              - Jual beli
              - Studio aplikasi sekolah
              - Studio Pelatihan guru coding
              - Studio kelas 2 SD
              - Studio kelas 1
              - 
Studio coding mandiri 2
              Studio coding mandiri 3
              - Studio coding mandiri 1
              
Studio catatan mengajar
              Studio coding mandiri 6
              - Studio CIF level 7
              
Studio Kumpulan backpack
              Studio Desain karakter
              - Studio Animasi
              - Studio picture book
              - Studio e-card
              - Studio math is fun
              - Studio kumpulan projek lomba
              - dll

              - membahas bahan pengajaran di kelas

              - trik mengajarkan coding ke siswa ---> didorong siswa membuat projek impiannya

              - setiap guru menyusun materi kebutuhan setiap kelas dg Scratch

2. Pembuatan materi ajar dengan pendekatan coding Scratch
untuk kelas 1 hingga kelas 6 SD untuk selama satu tahun ajaran

3. Pendampingan mengajar coding di kelas (bulan November)

Scratch Junior --- untuk TK
OctoStudio -----> bisa dg Tablet dan HP
Scratch ----------> 
bisa dikembangkan luas + bisa ke robotic
Micro:bit --------> coding robotic
Tinkercad -------> simulator coding + perengkat elektronik










Label