Selasa, 12 Sept 2017
Materi ke-4
- Warna
( https://id.wikipedia.org/wiki/Teori_Brewster )
Warna pada penerapan sehari-hari:
- Mode warna RGB. sistem warna pada perangkat elektronik.
links: https://id.wikipedia.org/wiki/RGB
- Mode warna CMYK. Sistem warna pada tinta cetak.
Adalah proses pencampuran pigmen yang lazim digunakan percetakan. Tinta process cyan, process magenta, process yellow, process black dicampurkan dengan komposisi tertentu dan akurat sehingga menghasilkan warna tepat seperti yang diinginkan. Bahkan bila suatu saat diperlukan, warna ini dengan mudah bisa dibentuk kembali. (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Cyan_Magenta_Yellow_Key)
Perubahan dari RGB ke CMYK dan dampaknya pada hasil cetak.
Mengamati hasil cetak dari proses desain di layar komputer.
Perubahan nilai warna RGB ke CMYK atau sebaliknya.
Mencampur warna CMYK
Nilai persentase pada sebuah warna sebagai panduan.
Sifat2 warna.
Warna panas
Warna dingin
Trik panduan warna untuk berkarya memakai color sceme designer.
links: http://colorschemedesigner.com/csd-3.5/
Komposisi: Model styl life (pemanfaatan gadget sebagai alat bantu belajar komposisi)
- Komposisi
Komposisi dalam menggambar:
- mencari dan menentukan komposisi dari objek lihat langsung (style life)
dengan cara di potret dan di sketsa.
Komposisi dalam penerapannya pada karya fotografi.
-beberapa kaidah2 dalam fotografi
bahan bacaan:
http://tipsfotografi.net/memahami-komposisi-dan-elemen-penting-dalam-fotografi.html
http://belfot.com/20-tips-komposisi-memotret-foto/
Gambar Bentuk: Karakter pohon kayu dengan kuas dan tinta hitam. Melatih keluesan memakai kuas dalam membentuk karakter sebuah objek.
- Gambar Bentuk:
- Menggambar karakter pohon kayu dengan teknik silhuette
media kertas dan tinta cina
Tujuan:
Melatih kepekaan garis lewat kuas dengan membentuk karakter pohon
-------------------------------------------------------------------------------------
PENTING!!!
Yang pertama kali dilakukan dalam berkarya,
yaitu menentukan KONSEP (Nawaitu) terlebih dahulu.
-------------------------------------------------------------------------------------