Kamis, 09 Juli 2020

Kelas Coding Daring

KELAS CODING IS FUN

Kelas online untuk siswa SD - SMP (6 bulan)
Waktu belajar via zoom meeting
Sabtu pukul 14:00 - 16:00 WIB &
Rabu pukul 16:00 - 17:30 WIB

Kelas online untuk  SMP Kelas malam (6bulan)
Selasa pukul 16:30:00 - 18:00 WIB
Kamis
 p
ukul 17:30:00 - 21:00 WIB

Kelas ekskul tatap muka di sekolah
Waktu seminggu sekali @ 60 - 90 menit 
Minimal peserta 10 orang
Minimal kontrak 1 tahun

Liputan CNN tentang kelas Coding is fun


Materi elas coding is fun dalam membuat game menggunakan sensor kamera (webcam)


Coding is fun

Kelas pemrograman komputer yang menarik dan menyenangkan, menggunakan berbagai aplikasi berbahasa visual Scratch, Micro:bit, Tinkercad, S4A, dan mikrokontroler Arduino, telah tiba. Kelas ini diselenggarakan oleh Studio RSRZ (RUMAH SENI RUPA KAKZULFA) yang dikelola oleh seorang seniman alumni seni rupa ITB"83, bersama dengan M Edliadi, Astronomi ITB'2000.

Setelah mengikuti kelas ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan untuk membuat game, animasi, cerita interaktif, aplikasi, dan bahkan robot secara mandiri. Selain itu, siswa yang mengikuti kelas "Coding is Fun" akan diberikan pengenalan dasar tentang robotika, terutama dengan menggunakan mikrokontroler seperti Microbit dan Arduino. Mereka akan belajar cara mengoperasikannya dengan menggunakan berbagai perangkat lunak seperti Micro:bit, Tinkercad, dan Makecode. Kami menerapkan pendekatan belajar berbasis projek, dengan 85% waktu diajarkan untuk praktik langsung dan hanya 15% untuk teori.

Kami juga menyediakan fasilitas bagi siswa untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari dalam praktik. Ini termasuk materi praktik pemrograman drone dan materi coding Robo S1, yang memberikan pengalaman praktis langsung dalam menghadapi teknologi terbaru. Harap dicatat bahwa program ini biasanya dilakukan secara tatap muka, meskipun saat ini kami mengikuti pedoman keamanan selama pandemi.

Di masa akhir kelas, setiap siswa dihadapkan pada tantangan menarik, yaitu menciptakan sebuah proyek game menggunakan Scratch dan/atau perangkat robotika dengan mikrokontroler. Proyek ini kemudian akan dipersiapkan untuk dipamerkan dalam acara pameran karya tahunan siswa saat kelas tatap muka.

Pengajar utama kami adalah para alumni ITB yang memiliki pengalaman panjang dalam dunia pendidikan anak sejak tahun 1983. Kurikulum "Coding is Fun" kami mendukung pengembangan konsep logika matematika dan berpikir komputasional, sambil tetap memasukkan elemen seni rupa dan kreativitas ke dalamnya.

Prestasi siswa kami telah sangat mengesankan, dengan berbagai kejuaraan dalam lomba-lomba coding dan robotika yang berhasil dimenangkan. Semua ini adalah hasil dari pembelajaran yang menyenangkan dan dapat diakses oleh semua siswa.

Selayaknya dibaca dulu agar jelas semuanya di bawah ini


Praktek pemrograman coding drone

Materi coding robot menggunakan PictoBlox dan hardware microcontroller Arduino



Prestasi yang telah diraih siswa Coding is fun :
Meraih penghargaan di International Kids Coding Competition:


Periode lomba Januari 2023




Akhtar Danish (SMP) - IKCC 2022


Natanael Tannan (SD) - IKCC 2022


Kameela Adhiwardhana (4 SD) - IKCC 2021


Alifakih Arrasyaa Hadikusuma (3 SD) - IKCC 2020












Akhtar Danish Sudaryanto (6 SD) - IKCC 2020

Arya Pradita Mahardika (4 SD) - IKCC 2021


Kalief Leander Maulanegara (4 SD) - IKCC 2021


Kinanthi Sekarlangit (6 SD) - IKCC 2020


Sofia Fazelle (6 SD) - IKCC 2020

Sebastian Dirgantoro (3SD) - IKCC 2021



Tristan Adia Kaory (1 SMP) - IKCC 2020 & 2021




















Dikejuaraan lomba coding robotik R4M
di UNTAR Jakarta
Kinanthi, Ayman, Akhtar dan Hikam
meraih juara 3 dikejuaraan R4M Januari 2020


3 Siswa Coding is fun masuk finalis lomba coding game OTN 2019 di JHCC Jakarta.
Ayman kelas 5 SD saat mempresntasikan karyanya
sebagai finalis lomba coding game tahun 2019
Giga, Kinanthi, dan Ayman masuk sebagai finalis
lomba coding game tahun 2019


Festival Seni Rupa Anak Indonesia di Galeri Nasional Jakarta
dengan karya instalasi "Kamichu" karya Kibar Desain Salman (2SMP)




Juara I Lomba animasi menggunakan Scratch

Syarat peserta CODING IS FUN?
• Anak usia SD & SMP 
• Khusus siswa 1 dan 2 SD sebaiknya didampingi oleh orangtua
• Memahami pengoperasian dasar komputer
• Mentaati peraturan yang ditetapkan

Fasilitas paket kelas CODING IS FUN via online (Daring):
• Waktu belajar Sabtu pukul 14:00 - 16:00 WIB &
• Rabu pukul 16:00 - 17:30 WIB
• Konsultasi projek lomba
• Raport portfolio digital setiap siswa
• Materi video tutorial dan materi online


KURIKULUM Coding is fun meliputi:
• Aplikasi berbasic bahasa visual:
    - Scratch, S4A, Tinkercad, Micro:bit, Makecode, Drone Block, DJI Robo Master S1
• Microcontroller Micro:bit, Arduino
• Dasar elektronika
• Dasar mekanika
• Seni rupa dan kreativitas
• Projek perorangan
• Pameran karya siswa 

• Setiap siswa dapat naik ke level berikutnya kapan saja, sesuai dengan kecepatan memahami materi per levelnya, jadi tidak musti menunggu 6 bulan.

• Metode belajar full praktek langsung membuat projek
• Siswa aktif mengikuti ajang lomba coding serta mendapatkan konsultasi projek
• Setiap level kelas maksimal 5 peserta di ruang online zoom 

7 konsep belajar coding is fun
1. Sequence/urutan
2. Looping/pengulangan
3. Paralel/bersamaan
4. Event/peristiwa/pemicu
5. Conditional/persyaratan
6. Operator
7. Data


MATERI LEVEL SATU (contoh):
• 1.01 - Pengenalan SCRATCH dan lingkup kerjanya
            Terdiri dari 31 materi tersedia video tutorial di channel kami
1.02 - Sequencing: Game pong
1.03 - Timing dan Looping: Game lalat
1.04 - Sensing: Animasi kodok sawah melompat
1.05 - Teks dan database: membuat aplikasi penjumlahan
1.06 - Variabel warna: Animasi kembang api
1.07 - Kendali gerak: Memahami arah (cara memahami sumbu x dan y)
1.08 - Sekuens lanjutan: Membuat pola gerak pada animasi
1.09 - Operator matematika: Penjumlahan dan pengurangan
1.10 - Gravitasi: Membuat game balon udara
1.11Kreasi dan Review - 1: Konsultasi lomba atau projek
1.12 - Kreasi dan Review - 2: Konsultasi lomba atau projek
1.13 - Cloning: Game Kebakaran hutan
1.14 - Kreasi membuat objek: Mencipta karakter
1.15 - Operator Matematika lanjut: Lebih besar, lebih kecil, sama dengan
1.16 - Random: sebagai syarat membuat game yg menarik
1.17 - Rotasi: Animasi planet bumi
1.18 - Score: mengenal dan memahami variable pada game menangkap buah
1.19 - Fungsi: memahami blok if then dan if then else
1.20 - Sensing: projek game kodok sawah
1.21 - Tinkercad 1: Membuat akun dan projek 1
1.22 - Tinkercad 2: Micro:bit -- membuat animasi
• 1.23 - Micro:bit 3: membuat projek lampu kelap kelip
1.24 - Tugas Akhir projek game: membuat game perorangan

MATERI LEVEL DUA (contoh):
2.01 - Looping II -- if the else, repeat until
2.02 - Fungsi list -- Game memory
2.03 - Distance sensing -- game dengan gravitasi
2.04 - Operator matematka lanjut -- sudut , parabola -- game peluru
2.05 - Coding pada rumus matematika 1 (Pytagoras)
2.06 - Coding pada rumus Matematika 2 (Gradien)
2.07 - Operator boolean -- and, or, not
2.08 - Broadcast -- membuat opening & closing
2.09 - Cloning -- animasi
2.10 - Membuat kreasi game/animasi sendiri 1
2.11 - Membuat kreasi game/animasi sendiri 2
2.12 - Coding dg Tinkercad 3
2.13 - Coding dg Tinkercad 3 
2.14 - Fungsi define -- game platform
2.15 - Variable -- local & all sprite
2.16 - Prosedur -- define + list
2.17 - Proses string -- define + list + variable
2.18 - Video sensing -- game makan kerupuk virtual
2.19 - Membuat RPG game 25 dunia 1
2.20 - Membuat RPG game 25 dunia 2
2.21 - Coding Drone -- Tello drone 1 (khusus kelas tatap muka)
2.22 - Tugas akhir masing-masing membuat projek game/animasi
2.23 - Robotik -- dasar coding robotik Micro:bit
2.24 - Membuat smart home sederhana dg Micro:bit

MATERI LEVEL TIGA (contoh):
3.01 - Basic game : Snake, Helikopter tempur, Catch the fruit
3.02 - Baseball game: Hit the ball
3.03 - Game tema platform dan level : Basic RPG
3.04 - Game Basketball
3.05 - Game tema edukasi : Game tema COVID 19
3.06 - Game tema webcam : Bowling dengan sensor kamera
3.08 - Aplikasi Rumus Phytagoras
3.09 - Clicker game menggunakan cloud variable
3.10 - Game pelontar dengan konsep gerak parabola
3.11 - Game tema puzzle : Puzzle doa berbuka puasa
3.12 - Game dengan kendali sensor audio: Rabbit jump
3.13 - Konsultasi ajang lomba coding
3.14 - Gigo Robotik 4 mission
3.15 - Kolaborasi coding + lampu LED
3.16 - Kolaborasi coding + motor servo + lampu LED
3.17 - Kolaborasi coding + motor servo + lampu + buzzer
3.18 - Kolaborasi coding + motor servo + lampu + buzzer + sensor
3.19 - Membuat projek robot binatang kesayangan (burung/kelinci)
- respon sensor , ada gerak ekor/kepala, ada mata menyala, dan bersuara*
3.20 - Scratch for Arduino (S4A) untuk mengendalikan robot Gigo*
3.21 - Kontrol Robomaster dengan bahasa coding Scratch*
3.22 - Coding Robomaster untuk akurasi sensor target tembakan*
3.23 - Coding custom skill pada Robomaster*
3.24 - Coding Drone untuk akurasi terbang*
3.25 - Praktek Field Mission: Robomaster* (khusus kelas tatap muka)

MATERI LEVEL EMPAT 
(contoh):
• 4.01 - Scratch extention project: Music dan animasi
• 4.02 - Scratch extention project: Text to speech - Robot penterjemah bahasa
• 4.03 - Game project: Scrolling platform pada game sapu bersih laut
• 4.04 - Game project: Platform with Enemy AI
• 4.05 - Game project: Racing car with AI (line follower)
• 4.06 - Game project: RPG world Mengembangkan RPG 25 dunia
• 4.07 - Sport game with sensor audio: Game makan kerupuk dg sensor webcam 
• 4.08 - Game with data list: Ramadhan Coundown
• 4.09 - Interactive animation for presentation: Animasi + game memilah sampah
• 4.10 - Game fishing Ocean hero (menjaga laut kita)
• 4.11 - Game with deep loop and cloning: Game kebakaran hutan
• 4.12 - Mathematic race: Rumus phytagoras
• 4.13 - Basic sprite drawing: Projek animasi
• 4.14 - Color principle and designing game character: Membuat karakter dg pixel art
• 4.15 - Creative project: Developing game RPG 25 dunia
• 4.16 - Designing game interface: Template desain projek game
• 4.17 - Game project: Baseball
• 4.18 - Game project: Jaga lapisan ozone
• 4.19 - Game project: Crossy Road Grossy Road Game
• 4.20 - Final project/ showcase 1, 2: Konsultasi projek lomba atau projek mandiri 
• 4.21 - Tinkercad: Mengenal ruang kerja Tinkercad dalam merangkai skema elektronika
• 4.22 - Tinkercad: Coding blink LED, Kendali lampu LED dg sensor ultrasonic
• 4.23 - Pictoblox project 1 : Blink LED, blink LED + sensor ultrasonic, coding lampu lalu lintas
• 4.24 - Pictoblox project 2 : Blink LED, blink LED + sensor ultrasonic, coding lampu lalu lintas

MATERI LEVEL LIMA (contoh):
5.01 - Materi Physics - Introduction
5.02 - Materi Physics dasar gravitasi dan gaya gesekan    
5.03 - Materi Story/COMIC 1: Membuat projek komik dg Scratch + efeknya
5.03 - Materi Story/COMIC 2: Membuat projek komik dg Scratch + efeknya
5.05 - Pictoblox - FACE DETECTION: Pengenal wajah dengan PICTOBLOX
5.06 - Pictoblox - SMART HOME
5.07 - 08 GAME RPG Scratch1, 2 : Membangun game bersama-sama 
5.09 - 10 Project animasi 1, 2 : Prinsip animasi di sprite dg berbagai cara:
-Teknik animasi gif
-Teknik gambar di sprite
-Teknik menggunakan foto atau stop motion.
5.11 - 12 BUILD BOX 1, 2 - Pengenalan aplikasi builbox dg cara langsung praktek 
5.13 - SHEEPTESTER dan HTMLifier - ecard lebaran atau hari besar
5.14 - 15 ADVANCE CODING -- LIST DAN DEFINE pada GAME
5.16 - Desain dan lay-out dalam sevuah projek game
Memahami pentingnya desain unik dan menarik, belajar membuat judul, membuat keterangan judul, instruksi permainan dll
5.17 - Desain Karakter
berkereasi membuat karakter dg berbagai teknik dan trik: dg pixel art, dg photoshop, dg guntingan kertas manual
5.18 - Membuat cerita interaktif dari cerita buku bergambar dll
5.19 - CODING MATEMATIKA
Materi disesuaikan tingkat kelas dan pemahaman matematikanya siswa.
Menjelaskan konsep matematika dengan coding
5.20 - Membuat aplikasi profile siswa + HTMLIFIER
Aplikasi interaktif desain website sederhana untuk profile siswa dan kumpulan karya-karyanya yang dikemas menarik menjadi aplikasi sederhana.
5.21 - 22 - COMMON CODING + ARDUINO + SCRATCH 1, 2:
Memanfaatkan arduino sebagai pendukung kendali game di Scratch
Membuat projek dg memanfaat arduino sebagai kendali game
5.23 - 24 -  MEMBUAT PROJEK PERORANGAN SECARA BEBAS 1, 2
Kemampuan kreativitas membuat projek yg bermanfaat mengunakan Arduino

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Silakan mengisi formulir di bawah ini

dan setelah mengisi formulir, silakan konfirmasi ke
kak Zulfa via WA. 083872691439
untuk tindak lanjut detil pembayaran dll.

Terima kasih.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -


Galeri foto 

Suasana kelas offline saat sebelum pandemi
Coding is fun mengadakan pelatihan untuk guru dan orangtua
dalam upaya mengenalkan coding ke masyarakat luas.
Kami selalu mengadakan workshop basic coding
keliling kota-kota di P. Jawa 
Dengan belajar coding kita bisa membuat robot
Praktik membuat robot sensor gunung berapi


Kelas ekskul coding is fun di SDI Arrasyid, BSD

Salah satu materi coding robotik untuk anak


Profil lengkap kelas coding is fun:

3. Penting belajar coding sejak dini









Label