CODING IS FUN sebuah sekolah coding anak Indonesia yang didirikan sejak satu setengah tahun lalu (2017), yang dimulai dengan membuka kelas kegiatan workshop yang mempelajari dan membuat game dengan bahasa visual menggunakan software Scratch.
Info lengkap Coding is fun di sini
Workshop coding pertama kali di studio #RSRZ |
Awal berdiri sekolah coding is fun ini terpicu oleh perkataan Tim Cook (CEO Apple) https://www.liputan6.com/tekno/read/3127123/bos-apple-belajar-coding-lebih-penting-dari-bahasa-inggris bahwa belajar coding lebih baik ketimbang belajar bahasa Inggris. Perkataan ini yang membuat kami terinspirasi untuk mengadakan pelajaran coding ke anak sejak dini. Karena bahasa coding adalah bahasa universal yang akan banyak digunakan kelak di era industri 4.0 ke depan, dan anak-anak akan dapat paham materi coding ini lewat bahasa yg universal, yaitu bahasa gambar (block code).
Sejak itu Zulkifli Faiz (alumni Seni Rupa ITB 1983) dan Muhammad Edliadi (alumni Astonomi ITB 2000) mendirikan kelas pemrograman komputer yang kami beri nama kelas CODING IS FUN yang berdiri sejak dimulainya workshop coding pertama kali kami di bulan September 2017.
Sejak itu Zulkifli Faiz (alumni Seni Rupa ITB 1983) dan Muhammad Edliadi (alumni Astonomi ITB 2000) mendirikan kelas pemrograman komputer yang kami beri nama kelas CODING IS FUN yang berdiri sejak dimulainya workshop coding pertama kali kami di bulan September 2017.
Dari kegiatan workshop akhir pekan yang diadakan petama kali di studio #RSRZ ini terus digulirkan ke daerah-dareh lain seputar Jabodetabek, Banten, Bandung, Sukabumi, hingga Tasikmalaya.
Kegiatan coding di Bandung |
Coding robot di tempat wisata d Bandung Selatan |
Workshop coding game di Tangsel |
Workshop basic coding game di Bandung Timur |
Mengenalkan coding membuat game di TK Ibnu Rusyd BSD, Tangsel |
Workshop Coding di Ponpes (putra) Al-Kautsar 561 Tasikmalaya |
Santriwati Al-Kautsar 561 Tasikmalaya saat belajar coding |
Kegiatan ini merupakan upaya mengenalkan coding ke masyarakat luas dan sekaligus pula sebagai upaya awal melawan anak yang kecanduan game dengan mengajaknya untuk belajar membuat game. Bermain game dan membuat game adalah hal yang berbeda. Pembuat game si anak akan belajar banyak segala hal, dan yang terpenting adalah belajar berpikir runut, matematis serta kreatifitas, sementara pemain game hanya menikmati saja memuaskan kesenangannya. Tidak saja belajar coding hanya bisa membuat game semata, tapi melalui coding anak bisa beljar dan berkarya animasi, mencipta aplikasi, membuat cerita interaktif, membangun robot pintar, Internet of thing dan lain sebagainya
Saat menyimak materi coding DJI Robo Master S1 dilapangan futsal |
Suasana kelas Coding is fun di toko buku Millennia, Cireundeu |
Coding drone bagian dari materi yang diajarkan ke semua siswa |
Siswa asyik praktek coding drone |
DJI Tello drone |
Praktek membuat projek automata (dasar mekanikal) + microcontroller Arduino |
Kit Arduino: bahan praktek materi coding robotik |
Lewat edukasi semacam ini kami lakukan terus menerus sebagai upaya mengedukasi masyarakat betapa pentingnya mempelajari coding sejak dini untuk masa depan kelak.
Pada kelas reguler angkatan pertama, kelas dimulainya dengan 4 orang siswa. Level pertama atau basic ini kami lakukan selama 24 kali pertemuan atau 1 semester. hingga saat ini sudah mesasuki semester ke-3 atau level 3.
Di sekolah coding ini siswa akan mempelajari coding dengan berbagai aplikasi yang berbahasa visual. Karena dengan bahasa visual inilah maka coding dapat diajarkan hingga ke anak usia dini sekalipun.
Materi Coding is fun: sekolah coding anak Indonesia:
- Scratch
- Picotblox
- Picotblox
- S4A
- ArduBlock
- Arduino IDE
- Microcontroller: Arduino, Microbit
- App Inventor
- Drone Block
- Coding Robo Master S1
- Dasar elektronika
- Dasar mekanika
- Seni Rupa
- Mengikuti lomba coding/robotik
- Membuat projek perorangan
- Pameran karya tahunan
Materi-materi coding is fun bisa dilihat di sini
Model pembelajaran dilakukan dengan metode project based dan juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mencari pengalaman dari lomba coding maupun lomba robotik di luar kelas. Seperti yang sudah dilakukan oleh siswa di level SD yang telah mengikuti lomba robotika dan memenangkan juara ke-3 di ajang R4M yang diadakan di Universitas Tarumanegara, Jakarta bulan Januari 2020 lalu.
Diajang lomba Robot 4 mission: Tim Coding is fun meraih juara 3 |
Ayman Mafmudz (5 SD) siswa Coding is fun dibabak final lomba OTN di Jakarta Convension Centre sesaat mempresentasikan karyanya |
Para peserta finalis tingkat SD |
Kinanthi Sekarlangit (5 SD) siswa Coding is fun dengan karyanya Jaga kebersihan |
Giga (1 SMP) saat mendemokan game buatannya di hadapan para juri lomba |
Siswa Coding is fun di ajang Festival seni Rupa Anak Indonesia "MAIN" di Galeri Nasional, Jakarta menunjukkan prestasinya dengan karya berjudul Kamichu: pixel art game adalah Kibar Desain Salman siswa 2 SMP yang lolos dalam pameran tersebut yang menggabungkan seni rupa dan coding dalam sebuah karya instalasi berukuran kurang lebih 2 x 2 meter
Kibar Desain Salman saat mempersiapkan karya instalasinya di Galeri Nasional, Jakarta |
Kamichu: Kolaborasi seni rupa + coding, sebuah seni media baru |