Senin, 31 Januari 2022

mapel coding

Mata pelajaran Coding Robotik
di SD Ar Rasyid BSD



Materi pembelajaran coding is fun tersedia di:
- Channel youtube art n coding sebagai tutorial pembelajaran dan praktek
- Blogger kakzulfa dijelaskan secara rinci
- Kelas online zoom
- Tatap muka di kelas untuk praktik coding is fun membuat projek

Pembelajaran dilakukan secara online (Daring) dan offline (PTM)
- Siswa dikenalkan secara daring tentang aplikasi dan penggunaannya
- Praktek menggunakan aplikasi di kelas online
- Memberikan tugas, untuk melatih penggunaan aplikasi
- Praktek coding dengan PTM di sekolah, baik dg kartu coding dan aplikasi
- Mengulang2 materi pembelajaran dg memberikan tugas
- Praktek membuat projek berkelompok di sekolah dengan PTM

Pengenalan dasar pemrograman menggunakan alat peraga:

- Membuat kartu perintah (blok coding)  kiri, kanan, atas, bawah
- Membuat kartu halang rintang atau target: buah, biantang, karakter dll
- Area permainan di tanah lapang ukuran 6 x 6 kotak (papan catur 8 x 8 kotak)
- Membuat permainan menuju target dengan beberapa halangan-rintang

Software pendukung menggunakan Scratch Junior

Pengenalan dasar coding is fun dengan microbit membuat projek robot pintar untuk anak kelas 4, 5, 6 SD
Bahan:
- Micro:bit
- Kabel jumper
- lampu LED
- buzzer
- paku

Membuat projek:
- Mengenalkan aplikasi micro:bit menggunakan:
    micro:bit
    Tinkercad
- Projek bermain lampu LED, mengukur suhu ruangan, mendeteksi kebisingan, mengukur kelembaban tanah, dll dengan materi mengenalkan kemampuan micro:bit secara dasar dan menyeluruh:
    -- belajar mengumpulkan data: suhu diberbagai tempat, mengukur kemiringan, mendeteksi kebisingan dll.
    -- belajar mengamati dan membaca hasil data yang terkumpul
    -- belajar menyimpulkan hasil dari praktek dilapangan

Praktek membuat projek coding robotik:
- Bahan:
    kardus bekas
    lem
    gunting
    cat
    kabel
    lampu LED + resistor
    buzzer
    micro:bit

- Membuat diorama jalan raya dg kardus bekas secara ber kelompok, ada jalan raya, simpang jalan, lampu penerangan, rumah, orang menyebrang, mobil dll

praktik kali ini membuat pemrograman:
- mengatur lampu penerang di jalan
- mengatur lampu trsffic light
- sirine penyebrangan
- dll dikembangkan bersama berdasar kreativitas


Label