Persiapan mengajar Coding is fun
1. Cek level kemampuan siswa (kelas)
-- Pilih level sesuai dengan kemampuan siswa
-- Perhatikan bahasan materi pokoknya
-- Lakukan pemahaman dengan secara perlahan dan fun
2. Pilih materi level yang telah tersedia
-- Ambil materi dari level yang sudah ditentukan dan disediakan
-- lakukan pengembangan meteri yang ada menjadi lebih fun dan berbeda
-- Buat tutorial videonya dan bagikan sehari sebelum mengajar
3. Siapkan projek yang dipilih untuk dibuat coding cardnya (e-book .pdf)
-- Siapkan spritenya (pilih atau menggambar sendiri) dalam bentuk file siap dibagikan (svg agar mudah diterima)
-- Siapkan codingnya sesuai sprite yang digunakan
-- Beri penjelasan atau catatan agar mudah dipahami siswa
-- Beri juga tips/trik jika ada agar memudahkan siswa mengikuti
-- Siapkan soundnya jika diperlukan, siapkan juga filenya untuk dibagikan
4. Referensi
-- Tunjukan link projek dari siswa sebelumnya agar menjadi penyemangat
-- Tambahkan bahan bacaan lain agar kaya informasi
5. Pengajar wajib mempersiapkan diri dengan belajar terus menerus.
Siapkan aplikasi pendukung jika diperlukan seperti:
- pixilart.com
- htmlifier
- demirramon
----------------------------------------------------------------------------
Contoh persiapan mengajar:
1. Level 1 untuk siswa baru ikut: LEVEL SATU
Pilihan materi: - Memahami blok move
Materi pokok seputar penggunaan blok move:
- move dengan nilai positif
- move dengan nilai negatif
jelaskan kalau:
- move itu . . . . . . selalu maju kedepan jika nilainya . . . .
Berikan contoh projek yang fun menggunakannya ke beberapa sprite yang siswa sukainya
Contoh pengembangan materi agar fun:
- Move: https://scratch.mit.edu/projects/500637870/
- Dasar Move: https://scratch.mit.edu/projects/674392507/
Buat video tutorialnya:
E-book (pdf) dan tuliskan juga secara terinci di blog masing2 pengajar: