Minggu, 03 Desember 2017

Workshop cat air di Silverroad

Meja kayu besar dua buah itu menjadi arena asyiknya mengalir air berwarna di atas kertas khusus aquarel bertipe cold press dan hot press. Sapuan dari berbagai jenis dan bentuk kuas saling berlarian di atas kertas aquarel berukuran A3. Serunya hingga jam 6 sore yang menghasilkan lukisan cat air pernuh keceriaan.







Kegiatan ini merupakan workshop melukis dengan media cat air yang saya adakan berkala setiap bulan, kadang di Pamulang atau di kota-kota  lain seperti Bandung, Bogor, Depok, Jakarta. Minggu siang jam 2 workshop ini diadakan 3 Desember lalu di Galeri Silverroad di jalan Bapak Husen 6C Cipaganti, Bandung.


"Wah, aku baru pertama kali ini lho melukis bisa sebagus ini" komentar Rizka salah satu peserta workshop yang kagum dan heran terhadap dirinya setelah mengikuti workshop.


Materi yang diberikan kemarin, ada 3 kali sesi melukis cat air. Pertama para peserta dipersilakan membuat gambar sesukanya setelah menyimak pengantar media cat air berikut teknik dasar dan trik dan tipsnya. Disesi pertama ini dimaksud agar para seserta dikenalkan dulu serta merasakan sendiri dari apa yang telah dipaparkan. Mulai teknik wet on wet atau teknik basah, teknik kering, trik taburan garam serta tetesan alkohol dengan menggunakan berbagai jenis kuas.



Selanjutnya sesi kedua melukis dengan cara dipicu dari sapuan kuas besar dengan teknik basah yang spontan dan tinta China dan tinta Eecoline. Materi di sesi kedua ini melatih peserta untuk berimajinasi dari efek sapuan kuas tersebut. Hasilnya sungguh luar biasa, banyak hal yang tak diduga muncul dan menjadi inspirasi untuk berkarya selanjutnya.

Di sesi terakhir selukis (sesi ke-3), merupakan sesi yang semakin asyik. Sesi para seperta sudah mulai paham dan berani menorehkan warna dan serta memberi efek-efek tertentu, seperti menggunakan trik taburan garam atau cipratan alkohol.

Yuuk . . . . kita tunggu workshop selanjutnya



Label