Minggu, 03 Juli 2022

Coding pemula








Coding is fun pemula

Tingkat SD:
1.    Pengenalan dasar Scratch:
- Instal aplikasi versi offline
- Mebuat e-mail dan akun Scratch versi online
- Memberi komentar di karya orang lain sebagai syarat
- Memahami blok-blok code Scratch

2.    Membuat projek Lalat game
Klik game sederhana dengan gerakan acak
- Memahami blok pick random (acak)
- Pengenalan blok wadah data (variable) untuk score dalam game

3.    Kartu ucapan digital ( projek dasar animasi )
- dasar animasi menggerakkan objek
- coding dasar animasi
- efek animasi + sound dg coding
- mengemas menjadi aplikasi
- contoh: kartu lebaran 2022

4.    Membuat game RPG 
-    Mengenal prinsip coding kendali arah
-    Membuat coding fungsi sederhana
-    Memahami wadah data atau variable

Fasilitas:
- E-book materi belajar
- Materi video tutorial

Kumpulan materi level 1:
1.    Lalat game -- basic coding block if then dan go to random
2.    Menangkap buah -- basic coding kendali gerak kiri-kanan

3.    Lomba balap karung -- 
memahami blok move dan random
4.    
Animasi your name -- memahami dasar urutan dalam rangkaian coding
5.    
Memanah -- memahami blok pick random 

6.     Aplikasi menggambar -- memahami rangkaian coding fungsi
7.     Operator matematika -- memahami blok penjumlahan dan pengurangan
8.     Operator matematika -- membuat game klicker
9.     Kendali gerak dan gravitasi -- game balon udara
10.   Memahami blok show dan hide -- game berburu hantu

11.    Bermain dengan efek untuk projek animasi
12.    Membuat presentasi tugas sekolah 1
13.    
Membuat presentasi tugas sekolah 2
14.    Membuat mesin hitung 1
15.    
Membuat mesin hitung 2

16.    Mengenal Micro:bit -- dasar micro:bit dan membuat akunnya
17.    Membuat lampu kelap-kelip -- tanda arah
18.    Membuat projek animasi -- animasi ular-ularan
19.    Membuat projek name tag dg Micro:bit
20.    Membuat projek hompimpa dan permainannya

21.    Membuat projek game masing-masing siswa
22.    Membuat projek game masing-masing siswa
23.    Membuat projek game masing-masing siswa
24.    Pameran karya siswa ekskul coding

Laporan portfolio dan capaian kemampuan siswa dalam belajar:
  1. Pemahaman materi
  2. Pemahaman blok code
  3. Algoritma
  4. Art dan design
  5. Kreativitas

Daftar via WA. 083872691439

Label