Materi elas coding is fun dalam membuat game menggunakan sensor kamera (webcam)
Coding is fun
Kelas pemrograman komputer yang menarik dan menyenangkan, menggunakan berbagai aplikasi berbahasa visual Scratch, Micro:bit, Tinkercad, S4A, dan mikrokontroler Arduino. Kelas ini diselenggarakan oleh Studio RSRZ (RUMAH SENI RUPA KAKZULFA) yang dikelola oleh seorang seniman alumni seni rupa ITB"83, bersama dengan M Edliadi, Astronomi ITB'2000.
Setelah mengikuti kelas ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan untuk membuat game, animasi, cerita interaktif, aplikasi, dan bahkan robot secara mandiri. Selain itu, siswa yang mengikuti kelas "Coding is Fun" akan diberikan pengenalan dasar tentang robotika, terutama dengan menggunakan mikrokontroler seperti Microbit. Mereka akan belajar cara mengoperasikannya dengan menggunakan berbagai perangkat lunak seperti Micro:bit, Tinkercad, dan Makecode. Kami menerapkan pendekatan belajar berbasis projek, dengan 85% praktik langsung dan 15% untuk teori.
Kami juga menyediakan fasilitas bagi siswa untuk menerapkan apa yang telah mereka pelajari dalam praktik. Ini termasuk materi praktik pemrograman drone dan materi coding Robo S1, yang memberikan pengalaman praktis langsung dalam menghadapi teknologi terbaru. Harap dicatat bahwa program ini biasanya dilakukan secara tatap muka, meskipun saat ini kami mengikuti pedoman keamanan selama pandemi.
Di masa akhir kelas, setiap siswa dihadapkan pada tantangan menarik, yaitu menciptakan sebuah proyek game menggunakan Scratch dan/atau perangkat robotika dengan mikrokontroler. Proyek ini kemudian akan dipersiapkan untuk dipamerkan dalam acara pameran karya tahunan siswa saat kelas tatap muka.
Pengajar utama kami adalah para alumni ITB yang memiliki pengalaman panjang dalam dunia pendidikan anak sejak tahun 1983. Kurikulum "Coding is Fun" kami mendukung pengembangan konsep logika matematika dan berpikir komputasional, sambil tetap memasukkan elemen seni rupa dan kreativitas ke dalamnya.
Prestasi siswa kami telah sangat mengesankan, dengan berbagai kejuaraan dalam lomba-lomba coding dan robotika yang berhasil dimenangkan. Semua ini adalah hasil dari pembelajaran yang menyenangkan dan dapat diakses oleh semua siswa.
•2.22 -Tugas akhir masing-masing membuat projek game/animasi
•2.23 -Robotik -- dasar coding robotik Micro:bit
•2.24 -Membuat smart home sederhana dg Micro:bit
MATERI LEVEL TIGA (contoh): •3.01 -Basic game : Snake, Helikopter tempur, Catch the fruit •3.02 - Baseball game: Hit the ball •3.03 - Game tema platform dan level : Basic RPG •3.04 - Game Basketball •3.05 - Game tema edukasi : Game tema COVID 19 •3.06 - Game tema webcam : Bowling dengan sensor kamera •3.08 - Aplikasi Rumus Phytagoras •3.09 - Clicker game menggunakan cloud variable •3.10 - Game pelontar dengan konsep gerak parabola •3.11 - Game tema puzzle : Puzzle doa berbuka puasa •3.12 - Game dengan kendali sensor audio: Rabbit jump •3.13 - Konsultasi ajang lomba coding •3.14 - Gigo Robotik 4 mission •3.15 - Kolaborasi coding + lampu LED •3.16 - Kolaborasi coding + motor servo + lampu LED •3.17 - Kolaborasi coding + motor servo + lampu + buzzer •3.18 - Kolaborasi coding + motor servo + lampu + buzzer + sensor •3.19 - Membuat projek robot binatang kesayangan (burung/kelinci) - respon sensor , ada gerak ekor/kepala, ada mata menyala, dan bersuara* •3.20 - Scratch for Arduino (S4A) untuk mengendalikan robot Gigo* •3.21 - Kontrol Robomaster dengan bahasa coding Scratch* •3.22 - Coding Robomaster untuk akurasi sensor target tembakan* •3.23 - Coding custom skill pada Robomaster* •3.24 - Coding Drone untuk akurasi terbang* •3.25 - Praktek Field Mission: Robomaster* (khusus kelas tatap muka) MATERI LEVEL EMPAT (contoh):
• 4.01 - Scratch extention project: Music dan animasi
• 4.02 - Scratch extention project: Text to speech - Robot penterjemah bahasa
• 4.03 - Game project: Scrolling platform pada game sapu bersih laut
• 4.04 - Game project: Platform with Enemy AI
• 4.05 - Game project: Racing car with AI (line follower)
• 4.06 - Game project: RPG world Mengembangkan RPG 25 dunia
• 4.07 - Sport game with sensor audio: Game makan kerupuk dg sensor webcam
• 4.08 - Game with data list: Ramadhan Coundown
• 4.09 - Interactive animation for presentation: Animasi + game memilah sampah
• 4.10 - Game fishing Ocean hero (menjaga laut kita)
• 4.11 - Game with deep loop and cloning: Game kebakaran hutan
• 4.12 - Mathematic race: Rumus phytagoras
• 4.13 - Basic sprite drawing: Projek animasi
• 4.14 - Color principle and designing game character: Membuat karakter dg pixel art
• 4.15 - Creative project: Developing game RPG 25 dunia
• 4.16 - Designing game interface: Template desain projek game
• 4.17 - Game project: Baseball
• 4.18 - Game project: Jaga lapisan ozone
• 4.19 - Game project: Crossy Road Grossy Road Game
• 4.20 - Final project/ showcase 1, 2: Konsultasi projek lomba atau projek mandiri
• 4.21 - Tinkercad: Mengenal ruang kerja Tinkercad dalam merangkai skema elektronika